Satu Mouse or Keyboard untuk Dua Komputer

Sekarang, semua hardware sudah memiliki versi dual. Ada dual core, dual processor, dual video card, dual channel, dan tidak lupa dual monitor. Semua teknologi tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan performa yang lebih, serta kemudahan bagi penggunanya.

Seorang kawan pernah berujar, cobalah gunakan dual monitor untuk beberapa saat, setelah itu dijamin Anda tidak akan mau kembali lagi ke single monitor. Hal ini bisa jadi benar. Sebab dengan menggunakan dual monitor, desktop menjadi lebih luas, dan kita bisa mendapatkan fungsionalitas dua buah komputer yang saling terkait. Kita tidak usah berpindah-pindah jendela atau mengecilkan ukuran jendela, karena semuanya bisa terlihat.

Di rubrik Workshop ini, saya akan memaparkan berbagai tips dan trik dalam memanfaatkan dual monitor agar aktivitas berkomputer Anda semakin lebih produktif, dan tidak membuang banyak waktu. Tidak hanya itu saja. Dengan sedikit trik, Anda bisa juga membuat sebuah monitor agar bisa digunakan layaknya dual monitor, triple monitor, dan seterusnya.

Posting ini merupakan bagian Pertama dari beberapa Tips Trik Optimalisasi Dual  Monitor yang saya beri judul Satu Mouse or Keyboard untuk Dua Komputer.

Bagi para admin jaringan, pasti pernah mengalami masalah seperti ini. Saat berada di rumah atau di ruangan lain, Anda harus melakukan aktivitas troubleshooting ke ruangan lain. Hal ini bisa diakali dengan melakukanremote desktop.

Atau bila komputer tersebut masih ada di ruangan yang sama, Anda juga bisa menggunakan sebuah perangkat bernama KVM switch, yaitu sebuah perangkat yang mengizinkan penggunanya untuk mengendalikan beberapa PC hanya dengan menggunakan satu keyboard, monitor, dan mouse.


Beberapa KVM switch juga bisa melakukan hal sebaliknya, yaitu sebuah PC bisa dihubungkan dengan beberapa monitor, keyboard, dan mouse.

Yang akan kita bahas di sini adalah pengimplementasian KVM switch dalam bentuk software. Jadi, kita akan meniru cara kerja KVM switch, tanpa menggunakan hardware untuk mengendalikan dua unit PC dengan satu keyboard dan mouse.

Input Director
Input Director adalah sebuah aplikasi yang bisa mengendalikan beberapa PC dengan OS Windows hanya dengan menggunakan satu mouse dan keyboard.

Aplikasi ini dirancang untuk orang yang bekerja dengan beberapa komputer sekaligus, dan sering berpindah-pindah di antara komputer tersebut. Input Director bisa dijalankan di Windows 2000 ke atas. Input Director bisa di download gratis dari www.inputdirector.com/downloads.html dengan file berukuran 2,2 MB.

  1. Sebelum melakukan setting, pastikan bahwa komputer yang Anda gunakan dan beberapa komputer lain sudah terhubung melalui jaringan. Kami tidak akan membahas bagaimana caranya membuat jaringannya.
  2. Instal Input Director seperti biasa di semua PC yang akan digunakan.
  3. Selanjutnya, tentukan komputer mana yang akan digunakan sebagai master dan slave. Komputer master adalah komputer yang berperan sebagai pengendali utama atau yang memiliki keyboard/mouse. Sementara komputer slave adalah komputer yang berperan sebagai penerima input keyboard / mouse dari komputer master. Dalam contoh yang kami gunakan, yang berperan sebagai master adalah sebuah notebook dengan OS Windows 7, dan slave-nya adalah sebuah desktop dengan OS Windows Vista.
  4. Di komputer master, jalan kan Input Director, dan klik Enable as Master.
  5. Pindah ke komputer slave, jalankan Input Director, dan klik Enable as Slave.
  6. Masih di slave, pilih tab Slave Configuration, dan aktifkan opsi Allow any computer to take control.
  7. Pindah ke master, pilih tab Master Configuration, dan klik Add.
  8. Di bagian Hostname, tulis alamat IP milik slave, lalu klik OK. Alamat IP milik slave bisa dilihat di System information yang ada di slave.
  9. Sekarang di master, akan hadir daftar IP milik Slave Systems yang terhubung.
  10. Bila di daftar itu sudah ada tanda centang warna hijau, itu artinya kedua sistem sudah terhubung. Anda tinggal menggeser kursor mouse Anda keluar layar, maka secara otomatis kursor mouse Anda akan berpindah ke komputer slave. Dan Anda bisa mengendalikan komputer slave itu dari mouse yang ada di master.
  11. Untuk mengetahui di komputer mana mouse Anda sedang berada atau aktif, pilih tab Global Preferences, dan klik Show pada Information Window.
  12. Akan muncul sebuah jendela kecil transparan di pojok kanan bawah. Di jendela tersebut ditampilkan alamat IP dimana mousenya sedang aktif.
Baca Juga :
Optimalisasi Dual Monitor Part 1
Optimalisasi Dual Monitor Part 2
Sensasi Satu Monitor dengan Rasa Dua Monitor



Jika Merasa Arikel dan Bacaan di Billix Multimedia v.2 Bermanfaat,
Jangan Lupa Share ke Teman-teman melalui Tombol Share di bawah posting ini
Like on Billix Multimedia v.2 Facebook . Follow atau Berlangganan Via Email.
Terimakasih



Yang Copas, Jangan Lupa Mencantumkan Sumbernya Yah!






Share Yuk!

0 komentar :