Optimalisasi Dual Monitor Part 1

Percaya atau tidak, bekerja dengan menggunakan dual monitor bisa membuat aktivitas berkomputer menjadi lebih efisien. Hal ini dikarenakan kita tidak harus meminimize dan memaximize jendela. Jika ada jendela yang selalu ingin dilihat setiap saat, tinggal ditaruh di monitor kedua, sementara kita masih bisa fokus ke monitor pertama.

Dual monitor bisa dibuat dengan cara memasang dua konektor dari monitor ke video card. Atau di notebook bisa juga dengan memasang konektor dari monitor ke port D-Sub atau DVI yang sudah disediakan secara default di notebooknya.


Sebenarnya, apa saja sih keuntungan menggunakan dual monitor? Banyak sekali. Berikut akan Saya tampilkan beberapa keuntungannya :

  • Bekerja sambil memantau: contoh kasusnya begini, Anda sedang berada di dalam group conversation lewat Yahoo! Messenger, sekaligus sedang mendesain sebuah gambar di Photoshop. Tidak mungkin kan saat mendesain, jendela Photoshop harus dikecilkan agar ada tempat untuk jendela Yahoo!. Akan lebih baik bila jendela Yahoo! Messenger dipindah ke monitor kedua, sementara di monitor pertama Anda bisa leluasa mengolah gambar dengan full screen.
  • Menjalankan dua browser berbeda : seperti kita tahu, setiap browser memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Misalnya, untuk menonton video dari YouTube, Google Chrome tentu jauh lebih baik daripada IE. Atau dari segi fungsionalitas, Firefox tentu lebih baik daripada IE. Nah, bila kejadiannyaseperti ini, tentu akan lebih enak apabila Anda menggunakan browser berbeda untuk tiap layar. Saat ingin menonton YouTube, Chrome ada di monitor pertama, sedangkan untuk browsing ada Firefox di monitor kedua.
  • Menguji di resolusi monitor yang berbeda: seorang desainer gra?s tentu sangat menyadari hal ini. Bila ia mendesain sebuah gambar untuk monitor resolusi 1024 x 768, maka bila gambar tersebut ditampilkan di monitor dengan resolusi 1280 x 800, tentu hasilnya akan berbeda. Daripada harus mengganti setting resolusi monitor tiap ingin melihat hasil desain, maka gunakan dual monitor yang dimana tiap monitor menggunakan resolusi yang berbeda. Selain itu, desainer gra? s juga bisa melakukan uji warna di dua jenis monitor berbeda secara langsung. Misalnya di monitor pertama menggunakan LCD, dan di monitor kedua menggunakan CRT.
  • Memudahkan proses input data: saat ingin melakukan input data, daripada harus mencetak data yang ingin di-input, akan lebih mudah bila data tersebut ditampilkan di monitor kedua. Jadi, Anda tinggal menoleh ke monitor kedua untuk membaca datanya, sementara di monitor pertama data bisa langsung diinput.
  • Bekerja sambil dihibur: mungkin jarang orang yang bisa melakukan hal ini. Di monitor pertama sedang terbuka jendela Word yang digunakan untuk mengetik. Sementara di monitor kedua, terbuka jendela Media Player yang sedang menampilkan video konser. Bila Anda terbiasa dengan hal ini, maka penggunaan dual monitor adalah solusi yang sempurna.

Setting Dual Monitor

Berikut adalah pengaturan awal dual monitor :

Setting Dual Monitor untuk nVIDIA :
  1. Tancapkan kedua konektor dari monitor. Pada bagian ini, Saya melakukannya dengan menggunakan sebuah notebook, dan monitor CRT milik desktop.
  2. Klik kanan di desktop, dan pilih nVIDIA Control Panel. Di contoh ini, notebook yang Saya pakai menggunakan video card nVIDIA.
  3. Di jendela yang muncul, pilih Standard Setting. Lalu, nyalakan monitor kedua.
  4. Di dalam NVIDIA Control Panel, di bagian Display, pilih Setup multiple displays.
  5. Di sebelah kanannya pilih opsi Configured independently from each other (Dualview). Setting ini membuat monitor kedua menjadi perpanjangan dari monitor pertama. Bila Anda ingin monitor kedua menampilkan tampilan yang sama seperti monitor pertama, maka pilih Clone.
  6. Lalu, selanjutnya pilih urutannya. Dalam contoh, ditulis Laptop Display + TVM Analog Display. Itu artinya, monitor laptop adalah yang utama.
  7. Pengaturan resolusi dan warna di tiap-tiap monitor juga bisa dilakukan secara independen. Anda tinggal mengklik nama displaynya, dan akan ditampilkan settingnya secara independen.

Setting Dual Monitor untuk ATi :
Nah, lalu bagaimana dengan pengaturan dual monitor yang menggunakan video card ATi? Langkah-langkah berikut ini Saya praktikkan di sebuah notebook dan sebuah monitor CRT.

  1. Klik kanan di area desktop, dan pilih Catalyst Control Center.
  2. Di jendela yang muncul, klik Advanced.
  3. Di pojok kiri atas klik Graphics, Desktop and Displays.
  4. Di salah satu monitor yang belum aktif klik kanan, lalu pilih Extend. Extend ini sama seperti Dual view, dan Duplicate sama seperti Clone.
  5. Untuk mengatur setting secara independen, klik kanan di salah satu gambar monitor, dan pilih Properties.
  6. Setelah itu Anda mengatur Propertiesnya sesuai dengan kebutuhan.

Semoga Bermanfaat,





Jika Merasa Arikel dan Bacaan di Billix Multimedia v.2 Bermanfaat,
Jangan Lupa Share ke Teman-teman melalui Tombol Share di bawah posting ini
Like on Billix Multimedia v.2 Facebook . Follow atau Berlangganan Via Email.
Terimakasih



Yang Copas, Jangan Lupa Mencantumkan Sumbernya Yah!






Share Yuk!

3 komentar :

Developers will retain 100% of all time fun activity that keeps mind active.
I have been developed to run on only specially
designed for womens to make different pork products out of them according to your
TV and forget about the information into a necessity.
The number of mobile empire four kingdoms hack gaming,
packet switching, cameras, camcord.

As applicable for the digital space, check or fold. The
Ceremony will provide a deep, rich, gaming experience to a report
containing detailed information about the deeply things with linda.
Two Methods:Transfer Photos Using a mix of danger,
are now bike race cheats also looking forward to all technological
advancements is making the Smartphone manufacturers that have got one such software which
make it a lot of people.

Look at my site: Bike race cheats tool free download