Buku Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C - Rinaldi Munir

Ini adalah porting tentang review Buku yang menurut saya sayangat bagus untuk dimiliki para Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika yang ingin mendalami Algoritma dan Pemrograman.

Buku Karya Rinaldi Munir yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi mengajar Algoritma lebih dari 10 tahun. Baik itu di Institut Teknolologi Bandung (ITB) ataupun diluar ITB.

Buku Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C merupakan penggabungan dari dua buah buku sebelumnya, yaitu Algoritma dan Pembrograman dalam Bahasa Pascal dan C (Buku 1) dan Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C (Buku 2).

Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi :
  • Konsep dasar Algoritma
  • Tipe, Operator dan Ekspresi
  • Struktur dasar pembangunan algoritma: runtutan, pemiihan, pengulangan
  • Pemrograman modular: Fungsi dan prosedur
  • Larik (array)
  • Matriks
  • Algoritma pencarian (searching)
  • Algoritma pengurutan (sorting)
  • Arsip berurutan (sequentila file)
  • Algoritma rekursif
Setiap materi diperkaya dengan contoh pemecahan masalah. Diharapkan buku ini dapat mengajarkan pembacanya menjadi seorang pemrogram yang dapat memprogram dengan kaidah yang benar.

Notasi algoritmik yang digunakan adalah notasi pseudo-code dibuat sedemikian sehingga ia mudah diterjemahkan (translasi) ke dalam notasi bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam buku ini adalah Bahasa Pascal dan C. Kedua bahasa ini dipilih karena populer, banyak digunakan dan menjadi dasar pengmbangan bahasa-bahasa yang lebih baru seperti Object Pascal, Java, C++, dan lain-lain. Kompilator (compiler) Bahasa Pascal/C yang digunakan boleh sembarang, namun buku ini menggunakan kompilator yang free dan dapat di download dari internet, yaitu Free Pascal dan GCC (GNU C Compiler).

Semoga dengan review Buku Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa Pascal dan C kaya Rinaldi Munir yang coba saya Review dalam Blog saya ini dapat memberikan gambaran untuk dapat memilih panduan yang nantinya bisa menjadi acuan kita untuk belajan dan menjadi lebih baik. Berikut preview Cover Buku Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C karya Rinaldi Munir :

Preview :






Jika Merasa Arikel dan Bacaan di Billix Multimedia v.2 Bermanfaat,
Jangan Lupa Share ke Teman-teman melalui Tombol Share di bawah posting ini
Like on Billix Multimedia v.2 Facebook . Follow atau Berlangganan Via Email.
Terimakasih



Yang Copas, Jangan Lupa Mencantumkan Sumbernya Yah!






Share Yuk!

0 komentar :