Tips Sukses Kuliah sambil Kerja

Hallo . . . 
Rekan-rekan yang saya hormati, baik yang belum, sedang menjalani studi atau diluar dari itu, misalkan bekerja sambil kuliah dsb. Kali ini saya akan memberikan Tips Sukses Kuliah sambl kerja yang semoga dapat bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua. Tips ini saya kutip dari forum Indonesia, KASKUS. tapi saya coba share kembali di blog saya dengan harapan membawa pengaruh lebih baik buat rekan-rekan yang sedang menjalani aktivitas perkuliahan disamping bekerja yang merupakan kewajiban sekaligus kebutuhan kita.

Berikut tipsnya :

1. Berusaha mendapat nilai yang baik di awal semester,

Awal-awal kuliah merupakan penentu kita di masa semester akhir, kebanyakan teman-teman kewalahan untuk memperbaiki nilainya di semester awal, saking sibuknya memperbaiki nilai semester awal, malah nilai semester yang diambil sekarang menjadi amburadul.

2. Jangan menunda-nunda tugas

Tugas dari dosen merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa, dalam tiap mata kuliah, kita pasti tidak akan luput dari hal yang satu ini. Kadang kala kita mengerjakan tugas ini mengikuti moody terlebih dahulu, mmmm, sebaiknya kebiasaan ini harus diubah gan, buat sebuah manajemen pengerjaan tugas, berikan target-target tertentu, kapan tugas tersebut harus disiapkan.

3. Jika agan berorganisasi, terapkan yin dan yang (keseimbangan)

Selama berorganisasi rekan-rekan mahasiswa yang terjun ke bidang ini kebanyakan terlarut dalam bidang organisasinya, kuliah utama cenderung terbengkalai, jika agan memutuskan untuk ikut berorganisasi, agan harus tau konsekuen yang akan dihadapi, terapkanlah fungsi keseimbangan ini, dalam satu sisi agan harus menyelesaikan urusan kuliah dan di sisi lain, agan juga jangan membiarkan bidang organisasi terbengkalai.

4. Jangan sekali-kali membuat dosen dendam kepada agan

Sebagai pribadi yang idealis, terkadang mahasiswa tetap keras dengan pendiriannya, dan terkadang melupakan etika intelektualnya berhadapan dengan seorang dosen, perdebatan itu wajar, dan sikap idelisme itu juga wajar, namun ingat dalam sebuah perdebatan jangan pernah melupakan etika, jangan sampai hanya karena dendam seorang dosen membuat agan terkatung-katung menjadi mahasiswa abadi di kampus.

5. Universitas mendidik mahasiswanya menjadi Mandiri, bukan seorang buruh / pekerja atau karyawan


Carilah referensi sebanyak mungkin, di kampus ilmu yang didapat lebih cenderung mengajarkan dasar dari mata kuliah itu sendiri, jadi jangan heran ketika bekerja kelak, rata-rata mereka cenderung kebingungan, karena hal-hal yang dituntut perusahaan terkadang tidak secara mendetail di ajarkan di perkuliahan, itu memang wajar, di universitas lebih cenderung mendidik mahasiswanya sebagai penggagas sebuah ide, bukan membuat mahasiwanya menjadi seorang buruh/ pekerja yang slalu disuruh2 untuk nantinya di berikan gaji setiap bulannya, jika agan masih berprinsip seperti itu, maka agan salah besar, jika masih ada waktu cobalah untuk merubah pola pikir tersebut, jadilah seorang inisiator, atau sebuah penggagas ide, atau lebih kita kenal sebagi seorang pengusaha, carilah referensi sebanyak mungkin, jika kita yakin jurusan yang kita pilih akan membuat masa depan kita menjadi lebih baik. Kenapa harus ditunda lagi ??

6. Manfaatkan waktu kerja praktek agan semaksimal mungkin

Secara harfiahnya, kerja praktek merupakan salah satu wadah dari universitas untuk mengenalkan kehidupan di dunia kerja kelak, sehingga teori yang diberikan di kampus dulu dapat kita lihat prakteknya di mata kuliah kerja praktek ini. Kebanyakan, mahasiswa cenderung menyepelekan hal ini, karna terlalu fokus terhadap nilai didapatkan, ilmu yang tersedia di kerja praktek ini menjadi terabaikan, dan juga pilihlah tempat kerja praktek yang ideal, usahakan merupakan sebuah perusahaan yang sudah profesional, setidaknya jika nanti anda bekerja, sudah mendapatkan gambaran pada tempat anda kerja praktek dulu

7. Perbanyak link anda dengan rekan2 mahasiswa, senior dan lebih utama lagi dengan alumni

Karena, secara tidak langsung merekalah yang akan menolong agan dalam mencari lapangan kerja, kebanyakan alumni lebih mementingkan yang se almamater dengan dia, karena secara tidak langsung ini adalah upaya alumni untuk mengangkat tempat kuliah yang dia geluti dulu.  

8. Mencari skill tambahan

Jika agan-agan berminat dengan software tertentu, jangan sungkan-sungkan untuk mempelajarinya, walaupun tidak diajari secara spesifik di perkuliahan. Terlebih jika software tersebut jarang-jarang orang untuk dapat menguasainya, bisa-bisa ini salah satu peluang agan di dunia kerja nanti. Contoh lain, dalam berorganisasi, jika agan memiliki potensi untuk bekerja dalam tim, cobalah untuk dikembangkan, bekerja dengan tim lebih baik bekerja pada invidual, terlebih agan dapat memimpin sebuah tim, maka ini sebuah modal bagi agan.


Bersambung gan (kepanjangan)... Bersulang cendol dulu


 


Download Juga eBook Gak Sekedar Ngampus di Billix Multimedia Yah,,!!! Ada di Ruang Download Billix Multimedia,,!!!





Jika Merasa Arikel dan Bacaan di Billix Multimedia v.2 Bermanfaat,
Jangan Lupa Share ke Teman-teman melalui Tombol Share di bawah posting ini
Like on Billix Multimedia v.2 Facebook . Follow atau Berlangganan Via Email.
Terimakasih



Yang Copas, Jangan Lupa Mencantumkan Sumbernya Yah!






Share Yuk!

0 komentar :