Persiapan Membuka Usaha 2

http://rumahnajwa.files.wordpress.com/2010/04/sebelum-membuka-usaha.jpg 

Jika anda belum membaca artikel Persiapan Membuka Usaha 1. Silahkan anda membuka dahulu Posting berjudul Persiapan Membuka Usaha 1. Agar anda tidak terlalu bingung dengan apa yang akan saya jelaskan dalam Posting saya kali ini. Namun tidak salah juga jika anda langsung membaca Artikel Membuka Usaha 2 ini tanpa harus membaca artikel Persiapan Membuka Usaha 1.

Di posting saya kali ini saya akan lebih mempersingkat tentang apa-apa saja yang mesti di persiapkan untuk membuka usaha. Selain modal berupa uang, saya harap anda tidak berfikir mengenai modal berupa uang terlebih dahulu! Karena tujuan saya disini adalah ingin mengajak anda semua pembaca Blog Billix Multimedia sama-sama belajar untuk menjadi pengusaha dengan modal sekecil-kecilnya dan kalo bisa tanpa modal sedikitpun.

Sebelum anda benar-benar membuka usaha. Pastikan dan tanyakan pada diri anda beberapa hal sebagai berikut :

Hal Penting 1# :
  1. Jenis usaha apa yang ingin anda buka?
  2. Cukup tidak kah pengetahuan anda tentang usaha yang ingin anda buka?
  3. Berapa waktu anda tersedia untuk mengelolaan usaha tersebut?
  4. Sudah adakan target tujuan pemasaran atas usaha yang ingin anda buka?
Cara menjawab :
  1. Usaha berdasarkan jenis yang dipasarkan secara garis besar terdiri dar 2 macam yaitu. Usaha Barang dan Usaha Jasa. Usaha yang ada kaitannya dengan barang biasanya memerlukan modal uang. Walaupun jasa juga memerlukan uang, namun tidak terlalu dipermasalahkan jika memang tidak ada. (Ada cara berhutang dsb.)
  2. Nah, yang kedua ini. Cukup tidakkah pengetahuan yang ada punya tentang usaha yang ingin anda buka. Dalam artiannya disini yaitu sumber pengetahuan yang anda peroleh. Sudah melalui uji coba atau tidak. Karena kadang naluri bisnis bisa saja meleset tanpa perhitungan yang pasti, kecuali jika anda pernah menjadi seorang pengusaha sebelumnya dan belajar dari itu.
  3. Usaha tersebut hanya ingin anda jadikan sambilan atau usaha utama, berapa waktu yang anda punya? Siang sampai sore kah? Pagi sampai sore kah? Atau hanya malam hari? Atau mungkin anda belum punya rancangan waktu? Jangan terburu-buru. Terus baca dan pelajari sedikit-sedikit sampai anda yakin. Jangan sampai saat anda memulai membuka usaha. Sudah lama anda jalani tapi setelah dihitung-hitung ternyata tidak kembali modal dsb. Bagi saya tidak kembali modal sebagai seorang pelaku usaha tidak jadi masalah, yang jadi masalah itu kita tidak bisa memutar ulang waktu untuk kembali lagi. “WAKTU ADALAH UANG”.
  4. Ini yang paling penting. Jika anda belum mempunyai target kemana usaha anda akan dipasarkan, jangan dulu tergesa-gesa untuk membuka suatu usaha. Karna hanya akan membuang-buang waktu. (Ingat “WAKTU ADALAH UANG”)
Hal Penting 2#
Coba pelajari profil-profil, biografi atau success story pengusaha-pengusaha yang sudah melewati proses kesuksesan sebelumnya. Disitu akan membuka pikiran kita tentang manis pahitnya membuka suatu usaha.




Jika Merasa Arikel dan Bacaan di Billix Multimedia v.2 Bermanfaat,
Jangan Lupa Share ke Teman-teman melalui Tombol Share di bawah posting ini
Like on Billix Multimedia v.2 Facebook . Follow atau Berlangganan Via Email.
Terimakasih



Yang Copas, Jangan Lupa Mencantumkan Sumbernya Yah!






Share Yuk!

0 komentar :