Membuka Usaha Studio Photo Mini

http://bisnisukm.com/wp-content/uploads/2010/01/studio-poto.jpg

Membuka Usaha Studio Photo tidak harus dengan modal besar hingga berjuta-juta rupiah. Asalkan memiliki komputer yang menunjang untuk melakukan edit photo dengan software photo editor seperti Adobe Photoshop CS dan Printer Standar Cetak Photo seperti Epson Stylus T20 dan sejenisnya. Anda bisa membuka Usaha Studio Photo Mini. Namun perlu beberapa tips agar perencanaan membuka Usaha Studio Photo (Photo Studio) anda dapat berkembang sehingga Nantinya bisa menjadi Studio Photo besar.

Hal yang perlu diperhatikan pertama adalah, kemampuan anda dalam mengolah hasil tangkapan kamera, baik kamera digital ataupun tangkapan melalui ponsel (Edit Photo) bisa anda perbaiki hingga terlihat natural atau lebih baik dari hasil tangkapan (hasil jepretan) asli. Peralatan yang mahal tidak menjamin lancarnya suatu usaha cetak photo dan hasil yang lebih baik.

Contoh : Saya mengedit photo menggunakan komputer yang sama dengan komputer Studio Photo yang dekat dengan tempat saya membuka usaha cetak photo. Padahal saya hanya menggunakan printer Epson Stylus T20 dengan 4 Warna tinta. Sedangkan saingan saya menggunakan Printer spesialis Photo Epson R230 dengan 6 warna Tinta. Namun setelah hasil jadi (hasil cetakan tersebut kita bandingkan. Hasil dari cetakan Studio Photo saya lebih jelas dan lebih terlihat bagus. Hal ini saya ceritakan bukan karena saya membanggakan diri saya sendiri. Tetapi agar nantinya bisa jadi acuan belajar kita semua bahwa sesuatu yang mahal dan dinilai bagus belum tentu menghasilkan sesuatu yang bernilai. Sesuatu yang bernilai akan sangat terlihat nilainya jika kita merubahnya dengan sedikit kreatifitas disertai keinginan untuk memuaskan konsumen.

Tips-tips membuka usaha Studio Photo Mini atau Cetak Photo diantaranya :
  1. Anda harus mempunyai target pemasaran sebelum anda membuka usaha ini. Kecuali anda yakin anda punya naluri bisnis pasti laku.
  2. Yakinkan diri anda bahwa anda sudah mahir menggunakan program pengolah photo editor untuk memenuhi kebutuhan pelanggan anda.
  3. Pilih komputer yang memiliki spesifikasi standar untuk membuka usaha tersebut. Baca : Komputer Standar untuk Bisnis dan Usaha.
  4. Pilih Printer yang murah namun memiliki hasil yang bagus. (disarankan menggunakan Epson Stylus 4 Tinta untuk pemula)
  5. Tinta Printer. (Pastikan tinta yang anda gunakan memiliki hasil cetak yang bagus).
  6. Perhatikan harga pasar cetak photo dengan berbagai macam ukuran dan jenis kertas photo (jangan sampai melebihi harga pasar).
  7. Sebaiknya jalankan 2 usaha bersamaan dengan usaha cetak photo seperti jasa pengetikan, jual pulsa dsb.
  8. Atur management keuangan anda dan kumpulkan perangkat-perangkat tambahan seperti Bluetooth, Card Reader, Kabel data, Infrared dsb.
  9. Jangan buang waktu kosong anda saat tidak ada pelanggan! Pelajari terus teknik-teknik photo editor kalo bisa sampai kepada desain-desain lain dan Video Editor.
  10. Berusaha terus, Tetap Semangat, Sabar, Berdo’a dan Yakin.

Baca juga :
Ukuran Standar Cetak Photo dan Daftar Harganya.




Jika Merasa Arikel dan Bacaan di Billix Multimedia v.2 Bermanfaat,
Jangan Lupa Share ke Teman-teman melalui Tombol Share di bawah posting ini
Like on Billix Multimedia v.2 Facebook . Follow atau Berlangganan Via Email.
Terimakasih



Yang Copas, Jangan Lupa Mencantumkan Sumbernya Yah!






Share Yuk!

2 komentar :

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Ini dia Tips yang Saya cari, Saya berencana ingin memulai usaha ini ,
dan akhirnya Saya menambah pengetahuan ini lewat blog ini,
Thanks Mas